Rabu, 05 Januari 2011

baju bodo dan baju hanbok

BAJU BODO DENGAN BAJU HANBOK

Indonesia, negara yang kaya akan sumber daya alam. Selain itu, Indonesia juga kaya akan beragamnya kebudayaan dengan beragam suku, agama, dan nenek moyang. Hal ini dikarenakan letak georafis Indonesia yang terdiri pulau-pulau menjadi satu kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Namun beragamnya kebudayaan itu tidak lepas dari kebudayaan Negara luar. Harus kita akui tersebut dikarenakan tidak ada Negara manapun yang tidak dapat menjalankan pemerintahannya tanpa kerja sama dengan Negara lain. Hal ini terlihat dari adanyA kesamaan antara baju bodo (INDONESIA) dengan baju hanbok (KOREA).

BAJU BODO

Baju Bodo merupakan baju tradisional Bugis, Sulawesi, Indonesia. Baju bodo adalah pakaian tradisional perempuan Bugis, Sulawesi, Indonesia. Baju bodo berbentuk segi empat, biasanya berlengan pendek, yaitu setengah atas bagian siku lengan. Baju bodo juga dikenali sebagai salah satu busana tertua di dunia.

WARNA

ARTI

Jingga

Dipakai anak perempuan dibawah 10 tahun

Jingga dan Merah

Dipakai gadis berumur 10-14

Merah

Dipakai perempuan berumur 14-25

Putih

Dipakai oleh para pembantu dan dukun

Hijau

Dipakai oleh perempuan bangsawa

Ungu

Dipaki oleh para janda

baju bodo1.jpg

bajubodobugismakassar.jpg

BODO2.jpeg

BAJU HANBOK

Hanbok (Korea Selatan) atau Chosŏn-ot (Korea Utara) adalah pakaian tradisional masyarakat Korea. Hanbok pada umumnya memiliki warna yang cerah, dengan garis yang sederhana serta tidak memiliki saku. Walaupun secara harfiah berarti "pakaian orang Korea", hanbok pada saat ini mengacu pada "pakaian gaya Dinasti Joseon" yang biasa dipakai secara formal atau semi-formal dalam perayaan atau festival tradisional.

HANBOK (KOREAN TRADITIONAL).jpg

BAJU HANBOK.jpg

REFERENSI

http://id.wikipedia.org/wiki/Baju_bodo

http://id.wikipedia.org/wiki/Hanbok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar