Minggu, 02 Januari 2011

CONTOH KASUS FRAUD AUDITOR

CONTOH KASUS FRAUD AUDITOR

Enron Corporation adalah sebuah perusahaan energi Amerika yang berbasis di Houston, Texas, Amerika Serikat. Sebelum bangkrutnya pada akhir 2001, Enron mempekerjakan sekitar 21.000 orang pegawai dan merupakan salah satu perusahaan terkemuka di dunia dalam bidang listrik, gas alam, bubur kertas dan kertas, dan komunikasi. Enron mengaku penghasilannya pada tahun 2000 berjumlah $101 milyar. Fortune menamakan Enron "Perusahaan Amerika yang Paling Inovatif" selama enam tahun berturut-turut. Enron menjadi sorotan masyarakat luas pada akhir 2001, ketika terungkapkan bahwa kondisi keuangan yang dilaporkannya didukung terutama oleh penipuan akuntansi yang sistematis, terlembaga, dan direncanakan secara kreatif. Operasinya di Eropa melaporkan kebangkrutannya pada 30 November 2001, dan dua hari kemudian, pada 2 Desember, di AS Enron mengajukan permohonan perlindungan Chapter 11. Saat itu, kasus itu merupakan kebangkrutan terbesar dalam sejarah AS dan menyebabkan 4.000 pegawai kehilangan pekerjaan mereka [1].

Tuntutan hukum terhadap para direktur Enron, setelah skandal tersebut, sangat menonjol karena para direkturnya menyelesaikan tuntutan tersebut dengan membayar sejumlah uang yang sangat besar secara pribadi. Selain itu, skandal tersebut menyebabkan dibubarkannya perusahaan akuntansi Arthur Andersen, yang akibatnya dirasakan di kalangan dunia bisnis yang lebih luas, seperti yang digambarkan secara lebih terinci di bawah.

Enron masih ada sekarang dan mengoperasikan segelintir aset penting dan membuat persiapan-persiapan untuk penjualan atau spin-off sisa-sisa bisnisnya. Enron muncul dari kebangkrutan pada November 2004 setelah salah satu kasus kebangkrutan terbesar dan paling rumit dalam sejarah AS. Sejak itu, Enron menjadi lambang populer dari penipuan dan korupsi korporasi yang dilakukan secara sengaja.

PENJELASAN:

Bab 11 Undang-Undang Kepailitan Amerika Serikat atau populer dengan sebutan Chapter 11 adalah salah satu bab dalam Undang-Undang Kepailitan tentang reorganisasi sesuai hukum kepailitan Amerika Serikat. Bidang usaha berbentuk apa pun bisa meminta perlindungan Bab 11 Undang-Undang Kepailitan termasuk perseroan, perusahaan perseorangan, atau perorangan yang memiliki utang tanpa jaminan paling sedikit AS$336.900,00 atau utang beragun paling sedikit AS$1.010.650,00. Walaupun demikian, perlindungan Bab 11 sebagian besar hanya diajukan oleh badan perseroan.

Sebagai perbandingan, Bab 7 mengatur prosedur likuidasi ketika terjadi kepailitan. Sementara itu, Bab 13 mengatur prosedur reorganisasi untuk mayoritas perorangan dengan utang tanpa jaminan kurang dari AS$336.900,00 dan utang beragun kurang dari AS$1.010.650,00 (berlaku sejak 1 April 2007).[1]

Ketika pemilik usaha tidak lagi mampu menyelesaikan utang atau membayar kreditor, pemilik usaha atau kreditor bisa mengajukan perlindungan Bab 7 atau Bab 11 Undang-Undang Kepailitan Amerika Serikat. Berdasarkan Bab 7, pemilik usaha menghentikan semua operasi sementara wali amanat menjual semua aset, dan membagikan hasil penjualan aset kepada kreditor atau investor. Pemilik usaha yang meminta perlindungan Bab 11 biasanya mencoba bertahan beroperasi sementara pengadilan kepailitan mengawasi "reorganisasi" kewajiban utang pemilik usaha. Pengadilan dapat mengabulkan pembebasan seluruh atau sebagian utang dan kewajiban perusahaan sehingga perusahaan bisa memulai lagi usaha dari awal. Kadang-kadang, bila utang pemilik usaha melebihi aset yang dimiliki, di akhir prosedur kepailitan, pemilik usaha sudah tidak punya apa-apa lagi. Semua hak dan kepemilikan dari pemilik lama berakhir, dan perusahaan yang sudah selesai direorganisasi menjadi hak milik kreditor.

PROFIL AUDITOR

Arthur Andersen adalah sebuah perusahaan jasa akuntansi yang berbasis di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan oleh Arthur Andersen pada tahun 1913. Pada tahun 2002, perusahaan ini secara sukarela menyerahkan izin praktiknya sebagai Kantor Akuntan Publik setelah dinyatakan bersalah dan terlibat dalam skandal Enron dan menyebabkan 85.000 orang kehilangan pekerjaannya.

TABEL PROFIL AUDITOR

Jenis

Limited Liability Partnership

Industri

Akuntansi
Jasa Profesional
Pajak
Konsultasi Izin praktik Kantor Akuntan Publik dicabut pada tahun 2002

Didirikan

1913

Kantor Pusat

Chicago, Illinois, Amerika Serikat

Produk

Jasa Profesional

Pendapatan

US$9.3 milyar (pada 2002)

Karyawan

Sekitar 200 pada tahun 2007

85,000 (pada 2002)

Situs Web

www.andersen.com

REFERENSI:

http://id.wikipedia.org/wiki/Arthur_Andersen

http://id.wikipedia.org/wiki/Auditor_Empat_Besar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar